CT Minta Proyek Pembangunan JSS direstrukturisasi

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

jssJakarta-GD| Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung meminta proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) untuk dikaji ulang.

Proyek mercusuar yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera ini juga dipastikan tidak akan dibangun pada tahun 2014 ini.

“Iya pak CT yang minta agar proyek JSS dikaji ulang lagi sehingga pemerintahan baru bisa melanjutkannya,” ujar dia Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedi Priatna saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (30/6).

Dedi mengatakan berdasarkan keputusan rapat internal yang dilakukan pemerintah, proyek JSS akan direstrukturisasi ulang. Artinya pemerintahan baru akan melanjutkan proyek pembangunan JSS ini. “Proyek JSS belum masuk proyek prioritas untuk saat ini karena perlu dikaji ulang,” ujar dia.

Dedi mengatakan restrukturisasi ulang mencakup anggota konsorsium, dan sistem pendanaannya.

Nasib pembangunan proyek JSS hingga kini masih terkatung-katung. Dalam rapat koordinasi terakhir ada dua opsi yang disepakati yaitu pembuatan feasibility study akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau mengkolaborasikan BUMN dengan konsorsium pemrakarsa, PT Graha Banten Lampung Sejahtera (GBLS), yang sebagian besar sahamnya dimiliki taipan Tomy Winata.

Namun kedua opsi itu pembangunan proyek yang membutuhkan investasi sekitar Rp 200 triliun hingga sekarang belum diputuskan.

**DHO/WBP/ID.

Tags: