DKI Jakarta akan Gelar Jakarnaval ” Keajaiban Topeng Nusantara”

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

ribuan-warga-meriahkan-jakarnaval

Jakarta-GD| Memperingati HUT Ke-487 Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar kegiatan Jakarnaval 2014 yang akan digelar pada 22 Juni 2014. Dalam Jakarnaval tersebut akan di meriahkan denganĀ  pawai dan atraksi budaya berbagai daerah. Tidak seperti biasanya, pawai budaya dan mobil hias tidak dimulai dari Balai Kota DKI seperti tahun lalu, melainkan akan start di Bundaran Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan Jakarnaval diadakan sudah menjadi agenda tahunan Pemprov DKI dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-487 DKI Jakarta. Peserta yang mengikuti pawai budaya dan mobil hias cukup banyak. Sehingga membutuhkan ruang jalan yang cukup luas, maka untuk tahun ini Jakarnaval 2014 akan start di Bundaran Patung Kuda.

“Ya paling tidak kita bisa memberi ruang yang lebih banyak kepada para peserta yang bisa mencapai 800 orang dan 30 mobil hias,” kata Arie, Senin (16/6).

Selain itu, Disparbud DKI sengaja memilih hari car free day atau hari bebas kendaraan bermotor untuk melaksanakan Jakarnaval 2014 ini. Sebab, pihaknya tidak menginginkan iringan peserta pawai budaya dan puluhan mobil hias akan menimbulkan kemacetan lalu lintas di Jakarta.

“Kalau diadakan pada hari-hari kerja kan, iringan pawai budaya dan mobil hias ini akan menimbulkan kemacetan luar biasa di jalan raya. Soalnya, para peserta berjalan sangat pelan, tidak bisa cepat-cepat,” ujarnya.

Dengan adanya Jakarnaval 2014 di hari bebas kendaraan bermotor, maka dapat memberikan hiburan bagi masyarakat yang sudah lelah berolahraga. Mereka bisa beristirahat sambil menikmati hiburan yang disuguhkan Jakarnaval 2014.

“Arak-arakan akan mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran HI. Nanti di Bundaran HI ada panggung yang juga diadakan hiburan,” ungkapnya.

Untuk menciptakan kondisi tertib, Disparbud juga akan menyediakan dua titik tribun untuk penonton. Kegiatan Jakarnaval 2014 kali ini mengusung tema “Keajaiban Topeng Nusantara”.

**bs.

Tags: