Jokowi dipastikan Naikkan Harga BBM Rp 3000/liter

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

bbm-naik

Jakarta-GD| Presiden Terpilih Joko Widodo dipastikan akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp3.000 per liter. Kenaikan tersebut, akan dilakukan pada November 2014.

Anggota Tim Transisi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan langkah menaikan harga BBM subsidi dilakukan lantaran upaya menekan angka defisit pada neraca keuangan Indonesia.

“Sudah diputuskan pak Jokowi Rp3.000, diharapkan dalam November sudah naikkan. Karena, begitu kekhawatiran defisit cash flow dihindarkan,” kata Luhut di Kantor BPPT, Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Luhut menyatakan, kenaikan ini telah dibahas oleh tim transisi sejak tiga bulan yang lalu. Pembahasan tersebut pun telah memikirkan dari sejumlah aspek yang nantinya terkena dampak.

Adapun, hasil dari kenaikan harga subsidi tersebut nantinya akan dialihkan untuk anggaran yang lebih penting seperti infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Selain itu, kenaikan harga BBM juga memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Pasalnya, ruang gerak fiskal pada pemerintahan baru hanya diberikan sedikit atau minim anggarannya.

“Enggak mungkin kalau tidak naik. Karena ketika menjabat ada carry over yang memang harus dibayar untuk tahun depan. Otomatis kenaikan ini memang perlu dilakukan,” tutupnya.
**mrt/oz

Tags: