Jumat, DPRD Gelar Paripurna Pengangkatan Ahok

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

paripurna dprd dki

Jakarta-GD| Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyatakan tetap menjalankan instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tentang pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur DKI Jakarta, meskipun mendapat penolakan dari lima fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

Tahap pertama, Prasetyo akan melaksanakan rapat pimpinan pada Kamis (13/11) mendatang. Kemudian pada keesokan harinya, Jumat (14/11) akan diadakan Rapat Paripurna pengumuman Basuki sebagai Gubernur DKI definitif.

“Jadi, tanpa mengurangi rasa hormat kepada anggota dewan yang tidak setuju dengan pengangkatan Pak Ahok (Basuki) sebagai gubernur, surat dari Kemendagri akan saya laksanakan. Saya sudah siapkan semua prosesnya,” tegas Prasetyo, Rabu (12/11).

Menurutnya, tidak perlu ada lagi perdebatan mengenai pelantikan Basuki menjadi Gubernur. Sebab, pengisian jabatan Gubernur sudah sangat mendesak dilakukan. Roda pemerintahan Jakarta harus terus berjalan demi pembangunan Jakarta dan peningkatan kesejahteraan rakyat Jakarta.

“Nggak bisa lagi ditunda-tunda. Harus segera dilaksanakan. Kasihan nanti rakyat Jakarta jadi terlantar karena banyak program pembangunan yang nggak jalan,” ujarnya.

Terhadap pendeklarasian KMP DKI Jakarta, Prasetyo enggan berkomentar lebih banyak. Menurutnya, perbedaan pandangan mengenai posisi Basuki dalam kalangan politisi Kebon Sirih adalah hal yang wajar. Namun, tetap saja, aturan harus tetap dilaksanakan, yakni melantik Ahok sebagai Gubernur DKI.

“Silakan bentuk apa saja. Karena kita hanya jalankan sesuai konstitusi,” tukasnya.

Bila ada anggota dewan yang keberatan dengan keputusan tersebut, Prasetyo mengimbau agar penolakan tersebut diselesaikan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau dia nggak mau ya silakan ke MK. Karena ini perintah langsung dari menteri maka harus dilaksanakan. Kalau tidak artinya itu melanggar konstitusi,” kata politisi dari PDI-P ini.

**LTT/YS/BS

Tags: