KPK Tetapkan Ketua Askapindo Riau Sebagai Tersangka

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

barang-bukti-tangkap-tangangubernur-riauJakarta-GD| Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan seorang pengusaha sawit bernama Gulat Medali Emas Manurung sebagai tersangka pemberi suap kepada Gubernur Riau Annas Maamun yang juga di tetapkan sebagai penerima suap.

“Saudara GM (Gulat Medali) sebagai pihak pemberi, tersangka GM (Gulat Medali) ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan melanggar Pasal 5 Ayat 1 a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK, Jumat (26/09/2014).

Gulat yang juga ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) Riau ini diduga menyerahkan uang kepada Annas terkait dengan alih fungsi hutan kawasan industri. Menurut Abraham, Gulat diduga menginginkan lahan sawit 140 hektar milikinya dialihkan fungsi.

“Jadi kelapa sawit yang bersangkutan masuk kategori hutan tanaman industri, tapi yang bersangkutan menginginkan ini dikeluarkan dan masuk APL area peruntukan lainnya,” kata Abraham.

Adapun Annas dan Gulat ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan pada Kamis (25/9/2014) sore di Perumahan Citra Grand, Cibubur, Jakarta. Keduanya ditangkap bersama dengan tujuh orang lainnya.

Bersamaan dengan penangkapan tersebut, KPK mengamankan uang dalam pecahan rupiah dan dollar Singapura. Menurut Abraham, nilai uang yang diamankan sebagai barang bukti mencapai Rp 2 miliar rupiah.

“Terdiri dari 156.00 dollar Singapura dan Rp 500 juta,” kata Abraham.
**kps

Tags: