Manfaat Air Kelapa sebagai Pengganti Minuman Energi

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

air kelapa mudaHealthylife-GD|  Konsep jam kerja 9-to-5 (masuk pukul 9 pagi, pulang pukul 5 sore) sepertinya kini tidak banyak berlaku lagi, terutama di daerah perkotaan seperti Jakarta. Survei yang dilakukan lembaga riset independen BMI Research pada Mei 2014 di tiga kota besar di Indonesia menunjukkan, 91 persen pria dan 20 persen wanita harus bekerja di luar rumah selama 12 jam sehari.

Aktivitas yang padat memang membuat jam kerja sebagian besar orang jadi tidak teratur. Kondisi ini pun membuat para pekerja, khususnya yang banyak berada di lapangan membutuhkan energi cukup agar tidak lemas atau kelelahan saat beraktivitas.

Untuk menjaga stamina dan kesegaran tubuh, banyak orang mengandalkan minuman berenergi atau minuman yang mengandung ion. Namun jika dikonsumsi berlebihan dan terus menerus, minuman dalam kemasan tersebut bisa berakibat negatif bagi tubuh karena bahan pengawet dan pemanis buatan yang dikandungnya.

Sementara dengan hanya minum air putih saja tidaklah cukup. Sebab tubuh tidak hanya membutuhkan cairan melainkan berbagai mineral.

“Air di tubuh harus dalam kondisi seimbang, dan yang mengatur agar air seimbang adalah mineral,” jelas Spesialis Gizi Klinik Dr. Fiastuti Witjaksono, SpKG saat konferensi pers peluncuran Buavita Khas Nusantara di restoran Kembang Goela, Plaza Sentral, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (26/06/2014).

Lalu apa yang sebaiknya dikonsumsi sebagai pengganti minuman energi yang lebih aman? Fiastuti menyarankan untuk meminum air kelapa. Dijelaskan pakar gizi lulusan Universitas Indonesia ini, air kelapa tidak hanya banyak mengandung air tapi juga kaya mineral yang diperlukan tubuh untuk tetap segar dan bertenaga.

“Berdasarkan United States Department of Agriculture, dalam 100 gram air kelapa terkandung 94,99 persen air dan mengandung 250 gram potassium, serta 25 mg magnesium,” ujarnya.

Potassium merupakan mineral yang diperlukan untuk membantu melancarkan peredaran darah dan kerja jantung. Sementara magnesium berperan dalam menjaga metabolisme energi serta membantu otot tubuh berfungsi secara normal saat beraktivitas.

Selain itu di dalam 100 gram air kelapa juga mengandung kalsium sebanyak 24 gram, zat besi, sodium serta serat meskipun jumlahnya terbilang sedikit yaitu sebanyak 1,1 gram. Saat beraktivitas berat atau sedang, disarankan meminum air kelapa sebanyak 1-2 gelas sehari.

**hst/eny/lp

Tags: