Minum Kopi Kurangi Risiko Diabetes Hingga 25 Persen

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

ilustrasi-kopiHealth-GD| Menurut penelitian minum kopi empat gelas sehari dapat mengurangi risiko diabetes sampai 25 persen. Risiko untuk terjadinya penyakit ini juga bisa sampai tujuh sampai delapan persen untuk setiap cangkir tambahan berikutnya. Penelitian diterbitkan bertepatan dengan Hari Diabetes Sedunia oleh The Institute Scientific Information on Coffee di Swiss.

Salah satu studi mengatakan bahwa 3-4 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko diabetes untuk berkembang seperempat bila dibandingkan dengan kurang dari 2 cangkir sehari. Penelitian ini menemukan bahwa minum kopi tanpa kafein pada siang hari merupakan waktu terbaik untuk menurunkan risiko penyakit diabetes, seperti dilansir laman Daily Mail, 14 November 2014.

Laporan tersebut mengatakan ada sejumlah proses mengapa hal ini terjadi, termasuk kemungkinan kopi meningkatkan glukosa, energi metabolisme, dan membakar lebih banyak kalori.

Dalam laporan ini juga menambahkan bahwa, kopi dapat memengaruhi sensitivitas insulin dalam tubuh. Sebuah studi 2014 menunjukkan bahwa konsumsi kopi lebih banyak dapat melindungi resistensi insulin pada individu dengan berat badan yang normal.

Dalam analisis, para peneliti menemukan kejadian diabetes tipe 2, bentuk yang berkembang pada waktu dewasa dan dikaitkan dengan obesitas, turun 12 persen untuk setiap dua cangkir tambahan dalam sehari.

Selain itu, studi US prospective cohort menunjukkan peningkatkan konsumsi kopi dalam satu cangkir per hari selama empat tahun menghasilkan risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 diabetes dalam empat tahun berikutnya.

**Daily Mail

Tags: