Obama : Indonesia Contoh Demokrasi dan Pluralisme bagi Dunia

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

jokowi-obama

Genta Demokrasi - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyebut Indonesia sebagai contoh bagi demokrasi, toleransi, dan pluralisme bagi dunia meski merupakan negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia. Obama menyebut pemilu yang baru saja berlangsung menjadi bukti berjalannya demokrasi di Indonesia.

“Melihat pemilu di Indonesia menegaskan adanya transisi pada demokrasi. Indonesia merupakan contoh bagi demokrasi, toleransi, dan pluralisme,” ujar Obama saat melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi di Hotel Westin, Beijing, Senin, 10 November 2014.

Obama menuturkan Jokowi memiliki agenda ambisius untuk pembaharuan. Amerika, kata Obama, akan menjadi mitra bagi Indonesia untuk mencapai tujuan ambisius tersebut. “Lagipula kemitraan kita sudah luar biasa di bidang pembangunan, pertahanan, dan keamanan.”

Dalam pertemuan dengan Obama itu, Jokowi menggunakan bahasa Indonesia dengan dibantu penerjemah. Obama juga menggunakan bahasa Inggris dengan dibantu penerjemah.

Jokowi didampingi oleh beberapa menteri dalam pertemuan dengan Obama. Mereka yaitu Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Pertemuan berlangsung di Hotel Westin, Beijing.

**AT/TP

Tags: