Parpol Dominasi Kabinet, JK: Ini Realitas Politik Kita

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

wapres-jk

Jakarta-GD| Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) mengakui jajaran kabinetnya akan didominasi orang-orang partai politik (Parpol). Dari 34 kementerian, hanya ada 7 kementerian yang rencana diisi kalangan profesional, sedangkan sisanya 27 kementerian berpeluang diisi parpol.

JK mengatakan, kondisi ini menjadi syarat koalisi parpol pengusung pasangan calon terpilih. Mereka pasti mendapat prioritas menduduki kursi menteri. Tidak bisa sebagian besar justru diisi profesional. Lagipula, mereka melalui proses seleksi dan tidak semua menduduki jabatan strategis.

“Ini realitas politik kita,” kata JK di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta, Selasa (16/9).

Namun hal terpenting, ia tak akan memberikan jabatan kepada calon menteri yang tak punya kompetensi serta keahlian di bidang itu. Pendidikan dan pengalaman para kandidat ini tentu menjadi pertimbangan Jokowi-JK dalam meloloskan dan menempatkan posisi mereka.

Belum lagi, ada fit and propper test dalam menyeleksi nama-nama yang diusulkan tersebut sehingga publik tak perlu khawatir. Sebab, ia menginginkan pemerintahan ke depan berjalan efektif sehingga perlu diisi orang-orang yang kompeten serta berpengalaman mengisi jabatan menteri.

“Menteri Jokowi-JK itu harus bekerja cepat dalam mencapai program kita. Kalau tidak, ada sanksinya, bisa berupa teguran atau berhenti dari jabatan,” ujar dia.
**Rol

Tags: