Pasca Cabut Arbitrase, Newmont-RI Teken MoU Hari Ini

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

tambang-newmont-nusa-tenggaraJakarta-GD| Renegosiasi kontrak karya (KK) antara pemerintah dengan PT Newmont Nusa Tenggara hari ini dilakukan. Menurut rencana, hari ini akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Namun, renegosiasi tersebut tidak dihadiri oleh Menteri ESDM Jero Wacik yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perundingan dilakukan karena pihak Newmont sudah mencabut gugatan arbitrase internasional dan pemerintah Indonesia bersedia menerima pencabutan gugatan tersebut.

Renegosiasi dilaksanakan di kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Jakarta hari ini. Hadir dalam perundingan tersebut adalah Dirjen Minerba Kementerian ESDM R. Sukhyar dan pihak Newmont dihadiri oleh Direktur Utama Newmont Martiono Hadiyanto.

Adapun dalam renegosiasi tersebut akan menghasilkan enam poin, antara lain pembangunan unit pengolahan dan pemurnian (smelter) mineral, luas lahan tambang, perubahan perpanjangan kontrak menjadi izin usaha pertambangan (IUP), kenaikan royalti untuk penerimaan negara, divestasi, serta penggunaan barang dan jasa pertambangan dalam negeri.

Jika MoU ini sudah diteken, Newmont diperbolehkan ekspor hasil konsentratnya yang sampai saat ini tersimpan di gudang penyimpanan di Tambang Batu Hijau.
**dja/rzk/oz.

Tags: