Pelantikan Anggota DPRD DKI 2014-2019 Terancam Ditunda

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

-gedung-dprd-dki-jakartaJakarta-GD|  Pelantikan 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI periode 2014-2019 terancam molor karena Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) tak kunjung ada.

Menurut jadwal yang telah ditetapkan, pelantikan anggota legislatif yang lolos Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April lalu akan dilakukan pada 25 Agustus mendatang.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede, membenarkan hal itu. Pelantikan tidak dapat dilakukan bila tidak ada SK Pengangkatan dari Kemdagri.

Kendati demikian, Sekwan DPRD DKI Jakarta sudah melakukan persiapan untuk pelantikan karena pihaknya tetap mengharapkan pelantikan terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Sudah, proses pelantikan anggota legislatif yang baru sudah kita persiapkan. Tapi, yang jadi soal sekarang, SK pengangkatan dari Kemdagri belum juga kita terima. Namun, kita harapkan semua tetap berjalan sesuai rencana, tanggal 25 Agustus nanti,” kata Mangara.

Persiapan yang telah dilakukan Sekwan DPRD DKI antara lain menyiapkan undangan pelantikan kepada setiap anggota DPRD DKI terpilih berserta anggota keluarganya, anggota DPRD DKI lama bersama keluarga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Mangara menegaskan SK Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta tentang penetapan 106 anggota DPRD DKI yang baru ini sudah diserahkan kepada Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta. Kemudian, diteruskan ke Kemdagri melalui Biro Kepala Daerah dan Hubungan Luar Negeri (KDHLN) DKI Jakarta.

“Ya kami masih sabar menanti dalam waktu yang kurang dari dua minggu tersebut. Mudah-mudahan cepat keluar SK-nya,” ujar Mangara.

Untuk anggaran pelantikan, Mangara mengatakan pihaknya tak mengalokasikan anggaran secara khusus. Sebab, biayanya sama dengan acara sidang paripurna biasa yang rutin digelar anggota Dewan.

Menurutnya, susunan acaranya pun sama dengan susunan acara yang dilakukan dalam pelaksanaan sidang-sidang paripurna.

“Enggak ada (anggaran) secara khusus, nggak ada. Ya, acaranya sama kaya paripurna biasa. Ada konsumsinya nanti, yang ringan, itu saja,” ungkapnya.

Seperti diketahui, biaya pelantikan 94 anggota DPRD periode 2009-2014 yang juga dilakukan pada 25 Agustus 2009 berlangsung mewah dengan menghabiskan anggaran Rp 406 juta.

**ltt/feb/bs.

Tags: