Pipa Pertamina Meledak, Diduga Sabotase

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

pipa-pertamina-subang-meledak-diduga-sabotase

Subang-GD| Pipa distribusi milik PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III meledak di Dusun/Desa Mandalawangi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (28/8/2014) pagi.

Humas Pertamina EP, Panji, menduga, ledakan pipa distribusi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar itu terjadi akibat disabatose oleh pihak tidak bertanggung jawab.

“Menurut informasi yang diterima, terjadi sabotase,” ucap Panji kepada wartawan di Subang, Jawa Barat, Kamis (28/8/2014).

Dia menambahkan, indikasi adanya sabotase itu dibuktikan dengan ditemukannya bolongan pipa di area terjadi ledakan.

“Iya ada bolongan pipa di situ. Sengaja di situ,” tuturnya.

Saat disinggung nilai kerugian yang diderita Pertamina akibat ledakan tersebut, dia belum bisa memastikan angkanya.

“Belum tahu, masih dalam tahap investigasi oleh tim. Nanti akan di-update terus,” tutupnya.

Pipa pertamina yang mengaliri minyak mentah atau kondensat di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang meledak, Kamis (28/8/2014) mengakibatkan dua (2) rumah yang berada di dekat pipa hangus terbakar. Tiga orang yang berada di salah satu rumah tersebut tewas. Korban tewas diketahui bernama Samsudin dan kedua anaknya.

Kobaran api dan asap hitam mengepul membungbung tinggi menyelimuti langit di lokasi. Ledakan tersebut juga disertai dengan keluarnya minyak mentah hingga mengaliri kali.

Selain menghanguskan rumah, ledakan juga menyebabkan sebuah kandang berisi kambing rata dengan tanah.

Belum diketahui penyebab pasti meledaknya pipa tersebut. Namun diduga sebelum meledak pipa sudah bocor terlebih dahulu.**dja/yhj/oz.

Tags: