Presiden Ingatkan Revisi UU Otsus Papua “Bottom Up”

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

pulau papuaJakarta-GD| Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan agar revisi Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus (Otsus) Papua bersifat bottom up (dari arus bawah ke tingkat pusat).

Artinya aspirasi baru menyoal UU itu berasal dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat yaitu Papua dan Papua Barat.

“Apa yang kita lakukan sekarang ini, dalam mempelajari apa yang diusulkan daerah, prosesnya bottom up, namun sesuai dengan kerangka bernegara,” kata SBY di Istana Cipanas, Jawa Barat, Jumat (30/5).

Hari ini Menteri Dalam Negeri (mendagri) Gamawan Fauzi akan mempresentasikan rencana perubahan UU Otsus Papua. Sebelumnya pimpinan daerah Papua dan Papua Barat diundang ke Istana Bogor untuk memberikan masukan mengenai revisi UU ini.

“Proses komunikasi Jakarta-Papua-Papua Barat termasuk komunitas di tingkat pemerintah sudah dilakukan dengan vocal point Mendagri,” kata dia lagi.

Revisi UU Otsus Papua diharapkan bisa makin efektif menjawab persoalan yang ada di dua provinsi tersebut, terutama dalam hal kesejahteraan.

“Mari kita pastikan, UU apa pun sistem yang berlaku di provinsi manapun itu, tetap sejiwa dan tidak boleh bertabrakan dengan kerangka kehidupan bernegara,” kata Presiden.

**es/wbp/bs.

Tags: