SBY Lantik Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin

Kabari teman andaEmailGoogle+0Facebook0Twitter0LinkedIn0Pinterest0

SBY lantik Lukman jadi Menag

Jakarta-GD| Wakil Ketua MPR-RI Lukman Hakim Saefudin dilantik menjadi Menteri Agama (Menag) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/6) pagi. Lukman menggantikan Suryadharma Ali yang mengundurkan diri dari jabatan Menag pada 26 Mei lalu karena ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi haji oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seusai dilantik, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengatakan, akan segera mengumpulkan staf jajarannya untuk memperoleh informadi dan masalah yang dihadapi Kementerian Agama.

“Selasa (10/6) besok, saya akan ke KPK untuk mendengar penilaian  KPK terhadap Kementerian Agama. Semua itu akan saya identifikasi,” kata Lukman kepada wartawan seraya menyebutkan, setelah identifikasi tersebut, dia baru akan menetapkan langkah kebijakan.

Lukman Hakim Saefudin, lahir di Jakarta 25 November 1962, adalah putra mantan Menteri Agama K.H. Saefudin Zuhri. Alumnus Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jatim, yang juga lulusan sarjana (S1) Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta ini, sejak 1997 – saat ini menjadi anggota DPR-RI.

Lukman mengakui tugasnya sebagai Menteri Agama yang baru sangat berat, karena dia menjabat pada saat tahun anggaran sudah berjalan, apalagi masa jabatannya relatif singkat.

Namun begitu Lukman betekad untuk memperbaiki “demoralisasi” di lembaga yang dipimpinnya. Ia juga berjanji  akan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap Kementerian Agama.

Pelantikan Lukman Hakim Saefudin sebagai Menteri Agama itu selain dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, para pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, juga dihadiri oleh mantan Menteri Agama Suryadharma Ali beserta istrinya Wardatul Asriah.

Suryadharma Ali menghadiri acara pelantikan Menteri Agama yang baru yakni Lukman Hakim Saefuddin pada Senin (9/6). Ia mengikuti setiap proses pelantikan di Istana Negara . Ia juga memberikan ucapan selamat secara langsung kepada penggantinya.

Ditemui usai pelantikan, SDA mendoakan agar Lukman sukses mengemban tugas sebagai Menag di sisa masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Ya, saya doakan sukses. Ya saya memberikan ucapan selamat dan dukungan,” katanya singkat.

SDA tak banyak bicara atau bahkan memberikan himbauan kepada penggantinya itu. Ia berangapan Lukman, sebagai anak dari menteri agama sekaligus wakil ketua umum PPP sudah sangat tahu hal yang harus dilakukan.

“Pak Lukman tahu-lah,” katanya sambil tertawa.

SDA mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menag setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji 2012-2013. Pengunduran diri tersebut terjadi setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar SDA fokus mengurusi masalah hukum yang menjeratnya.

Untuk diketahui, SDA adalah menteri aktif kedua yang terjerat kasus dan ditetapkan sebagai tersangka. Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Mallarangeng mengundurkan diri karena kasus korupsi pusat olah raga, Hambalang.

Yang sedikit berbeda, ketika pergantian menteri terjadi, Andi tidak menghadiri pelantikan pejabat baru. Sedangkan SDA, menghadiri pelantikan pejabat baru di Kemenag, ikut berbaris di jajaran menteri KIB II, dan memberikan selamat secara langsung.

**skb.

Tags: